Bagaimana Cara Mengetahui Saya Sudah Masuk Daftar Pemilih?

Untuk mengetahui apakah seseorang sudah tercantum sebagai pemilih dalam daftar pemilih, dapat dilakukan dengan dua cara. Yakni sebagai berikut:

  1. Cara Manual, yaitu dengan cara melihat pengumuman daftar pemilih yang dipasang oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Biasanya PPS memasang atau menempelkan pengumuman daftar pemilih (sementara maupun tetap) pada masing-masing sekretariat PPS yang terletak di kelurahan.
  2. Cara Daring atau Online. Pengecekan daftar pemilih melalui cara ini memerlukan koneksi internet, namun bisa dilakukan kapan dan dimanapun, sepanjang memiliki koneksi internet. Pengecekan dengan cara ini akan disampaikan secara lebih lanjut secara khusus di bawah ini.

Pengecekan Daftar Pemilih secara Daring

Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan oleh seseorang yang ingin memeriksa apakah dirinya sudah tercantum sebagai pemilih pada daftar pemilih dalam sebuah pemilihan.

  1. Buka layanan Sidalih KPU RI, dengan alamat data.kpu.go.id ;
  2. Pilih jenis pemilihan serta jenis daftar pemilih yang akan diperiksa. (Ketersediaan informasi ini bersesuaian dengan pemilihan dan tahapan pemilihan);
  3. Pilih Provinsi;
  4. Pilih Kabupaten/Kota;
  5. Pilih Kecamatan;
  6. Pilih Kelurahan;
  7. Pilih Tempat Pemungutan Suara.

Selain itu, seorang pemilih juga dapat mencari informasi dengan menggunakan NIK pada layanan SIDALIH tersebut di atas.

Tentang Penulis